Sabtu, 21 Maret 2009

bengel.sastra.community

Bengkel Sastra


Pengertian:

Bengkel Sastra “BS” adalah salah satu ekstrakulikuler di SMP Negeri I Bangil yang begerak di bidang; Teater, Fotografer, dan Jurnalistik. Dalam pelaksanaannya Bengkel Sastra di bagi menjadi; pengurus inti, divisi HRD, divisi Lit-BanK, divisi Redaksi, dan divisi Usaha.
Sebagai bukti telah dilebarkannya sayap Bengkel Sastra di dunia:
Munculnya majalah sekolah Citra Subha “CS”
Juara I lomba teater se-Kabupaten Pasuruan tahun 2006
Harapan I lomba teater tahun 2008,
dll.

Tujuan:

melatih para siswa (anggota BS) menjadi seorang jurnalistik professional dengan mencoba membuat laporan utama, intermezzo, catatan pinggir, dll, untuk dimasukkan ke dalam majalah dan diperlombakan.
Melatih para siswa yang berminat dalam bidang fotografer untuk menjadi fotografer tetap di majalah CS.
Mendorong dan memotivasi para siswa untuk lebih dapat bersosialisasi dan menjalin kerja sama yang baik dengan sesame anggota, dengan cara menggelar permainan-permainan disela-sela latihan, yang tentu saja melatih kekompakan.
Memancing dan mengasah minat, bakat, dan potensi yang dimiliki anggota, terutama dalam bidang teater.
Mencari bibit-bibit yang berbakat untuk terus dilatih, dan diperlombakan, yang juga untuk mengharumkan nama sekolah.

Kritik:

Kurangnya perhatian untuk ekstrakulikuler Bengkel Sastra (terlantar, jika dibandingkan dengan ekstrakulikuler yang lain).
Belum ada kesepakatan dari pembimbing, ketua inti dan pengurus untuk menetapkan hari, dan jam intensif untuk pelaksanaan ekstrakulikuler BS.
Kurang aktifnya para pembimbing, tutor dan ketua BS, hingga kurangnya minat para siswa untuk melanjutkan kegiatan ini.
Sering kali ekstrakulikuler ini dijadikan tempat bergosip, bersenandung ria, bertatap muka dengan teman, dan bermain sepak bola, dikarenakan kekosongan bimbingan. Dan sering kali bimbingan yang dipaparkan para senior tidak jelas, dan kurang dimengerti oleh para anggota.
Kekompakan para anggota untuk melaksanakan kebiasaan orang Indonesia (Jam Karet).
Tidak ada kesepakatan antar ketua divisi, ketua BS, dan anggota untuk menentukan dateline majalah sekolah, sering kali majalah terbit setelah telat terbit berbulan-bulan.
Majalah sekolah yang tak tentu;
a.Keterlambatan dateline
b.Tidak adanya seleksi untuk cerpen, cerbung, dll, sehingga sering kali majalah penuh dengan cerpen-cerpen yang kurang kbagus, membosankan, tidak jelas, dll. Lebih tepatnya jelek.
c.cover yang membosankan
d.halaman warna sedikit
e.salah pengetikan yang mendominasi
f.bahasannya selalu bertemakan cinta
g.tipis
banyaknya keluhan dari para junior pada keramahan salah satu senior, sehingga para junior keluar dari ekstrakulikuler BS.

Saran:

dimulai dari janji kepada diri sendiri untuk datang tepat waktu.
Menyiapkan hal-hal yang perlu disampaikan sebelum ekstrakulikuler dimulai oleh ketua BS.
Menjaga komunikasi antar anggota, ketua-ketua divisi, ketua BS, tutor, dan pembimbing, agar tidak terjadi salah paham yang berakibat buruk kepada ekstrakulikuler.
Mengaktifkan kegiatan luar kelas, misalnya mengadakan out bound, atau permainan-permainan kecil lainnya untuk menghidari rasa penat para anggota.
Menegaskan jam berapa ekstrakulikuler dimulai, agar anggota tidak mengeluh, dan merasa ketidak jelasan dari pengurus inti.
Mengedit, memperbaiki, melihat kesalahan dari majalah yang lalu, agar majalah yang dipersiapkan jauh lebih baik dan permasalan tidak terulang.



bosen-bosen yah...


kalo ada masalah mending di omongin, biar jelas... nd masalahnya clear//..


okayyy..........salam manis dari the moderator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar